Minggu, 24 Februari 2013

BIOGRAFI , Oki setiana dewi adalah putri pertama dari pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati. Oki lahir di Batam pada 13 Januari 1989. Ia memiliki dua orang adik perempuan yang bernama, Shindy Kurnia Putri dan Ria Yunita. Masa kecil hingga remaja ia habiskan di Batam dengan keluarga yang sangat sederhana. Sejak kecil ia bercita-cita menjadi seorang artis terkenal dan hal itu di mulai dengan melanjutkan sekolah menengah atas ke jakarta. Namun apa yang dicita-citakannya tak berjalan mulus, ia harus melalui perjalan hidup yang amat memilukan ketika mengetahui bahwa ibunda terkasih harus menderita penyakit Pemphigus vulgaris sejenis peyakit kulit yang sangat langka.




sejak saat itu ia harus memutar otak dan keringat untuk membantu biaya pengobatan sang bunda karena gaji sang ayah yang hanya seorang guru tak cukup untuk membiayai sekolah dan perawatan ibundanya di rumah sakit. Dengan segala upaya ia berusaha semaksimal mungkin hingga pada titik  jenuh nya ia pun merenung, kepada Allah swt dan memutuskan untuk berjilbab demi kesembuhan  sang  ibunda, namun semuanya tak terhenti sampai disini, cobaan demi cobaan yang perih ia lalui dengan segala doa dan upaya, hingga pada akhirnya ia meraih sukses yang cukup gemilang di dunia perfilman indonesia.

     Oki setiana dewi menyelesaikan pendidikan Sarjananya  di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Jurusan Sastra Belanda pada Th 2012. Setelah meraih gelar sarjana, Oki menjadi santriwati program  Tahfidzul Qur'an di Rumah Qur'an,  Depok. Dilanjutkan dengan mempelajari bahasa arab di Universitas Umm Al Qura Makkah, pada tahun 2012. Di tahun yang sama, Oki melanjutkan studi pascasarjananya di bidang studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Saat ini Oki tercatat pula sebagai mahasiswa pascasarjana di bidang studi Kajian Islam dan Psikologi di Universitas Indonesia.
Oki pernah tercatat sebagai mahasiswi terbaik  berprestasi  di dalam segala bidang, Diantaranya sebagai :
·        Juara 2 Speech Contest TK.
·        Juara 2 Winner Debating SLTA Sejabotabek PPPG.
·        Princess Fotogenic Hotel Mulia Panorama Batam 2004.
·        Mahasiswa baru terbaik OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) UI 2007.
·        Mahasiswa baru terbaik PSA MABIM FIB UI 2007.
·        Aktris terbaik festival teater “ petang kreatif ” FIB UI 2008.
·        Mahasiswi berprestasi bidang seni FIB UI 2010.
·        Aktris Wanita Terbaik versi Islamic Movie Days.
·        Aktris Pendatang Baru wanita terbaik 2010.
·        Aktris pendatang baru wanita terfavorit di Indonesia Movie Awards 2010.
·        Juara 1 Busana Muslim “Anak Negeri Lancang Kuning” sek-Kepulauan Riau.
·        Putri Bunga Argadia tingkat Nasional di Jakarta.
·        Menjadi Duta Internet Sehat dan Aman (Kementrian Komunikasi dan Informatika) 2010.
·        Duta   International Youth Forum on Climate Change (IYFCC) 2011.
·        Duta anak-anak Autis 2012.                                                                                                                                                                       Selain itu, Oki juga telah menulis 3 buku bestseller  yang berjudul ;
·        Melukis Pelangi catatan hati Oki Setiana Dewi (2011).
·        Sejuta Pelangi pernik cinta Oki Setiana Dewi (2012).
·        Cahaya di Atas Cahaya(2012).

Ketiga bukunya telah di bedah di berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri, yakni : Malaysia, Singapura, Jeddah, Makkah dll. Dan tahun ini ia kembali  menerbitkan Buku keempatnya berjudul HIjab Im In Love  dan juga merilis album perdananya dengan judul yang sama.

Saat ini oki menjadi Icon aktris muslimah yang telah banyak menginspirasi remaja tanah air, ia juga menjadi pembicara dan narasumber di berbagai acara yang bertemakan pendidikan dan kemuslimahan. Ia juga aktif menjadi guru mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) untuk anak-anak dan ibu-ibu.

2 komentar: