Rabu, 22 Februari 2012

Pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang

                Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bahasa merupakan alat yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Dengan bahasa, manusia dapat mengungkapkan gagasan atau pendapatnya sehingga terjadi komunikasi antara satu dengan yang lain dalam kehidupan bermasyarakat



                 Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai alat Komunikasi dalam hubungan sosial maupun dalam hubungan formal. Pemakaian  Bahasa Indonesia sejak tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi menunjukkan kemantapan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional. Pendidikan dan pengajaran bahasa indonesia bertujuan membina ketrampilan siswa berbahasa indonesia dengan baik dan benar dalam upaya meningkatkan mutu manusia indonesia sebagai bekal menghadapi kehidupan masa kini dan mendatang. Bahasa adalah alat komunikasi. Bahasa indonesia merupakan alat pertama, utama, dan alat pokok fundamental dalam proses pendidikan.  
               Tujan pengajaran bahasa Indonesia berupaya untuk menjadikan para peserta didik terbiasa dan fasih dalam menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu pengajaran bahasa Indonesia juga memberikan pengalaman dan menemukan  konsep-konsep yang berhubungan dengan bahasa.
1.2 Masalah
  1.               Mengapa sekolah dikatakan sebagai sarana pembinaan bahasa indonesia?
  2.        Usaha apa saja yang dapat dilakukan dalam upaya pembinaan bahasa indonesia?
  3.                Media apa saja yang dapat dijadikan pembelajaran  yang dapat mendukung pembinaan bahasa         indonesia?

1.3 Tujuan Penulisan Makalah
1.       Mendeskripsikan sekolah sebagai sarana pembinaan bahasa indonesia.
2.       Untuk mendapatkan gambaran usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam upaya pembinaan bahasa indonesia.
3.       Untuk mendapat gambaran media apa saja yang dapat digunakan untuk  pengajaran  bahasa indonesia disekolah.

1.4   Manfaat Penulisan
Hasil makalah ini diharapkan dapat bermanfaat oleh :
·         mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik untuk dijadikan masukan agar mengetahui pentingnya pembinaan bahasa indonesia disekolah.
·         peserta didik agar peserta didik meyadari bahwa penggunaan bahasa indonesia dilingkungan sekolah sangat penting untuk kelancaran proses belajar mengajar.






BAB II
pembahasan
2.1 Sekolah sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran yang cukup penting dalam upaya membina siswa untuk berbahasa dengan baik dan benar. Karena  sekolah sebagai sebuah sarana  dan guru sebagai pendidik untuk  memberi pengajaran kepada siswa, agar dapat berbahasa dan berkomunikasi  dengan baik dan benar dilingkungan sekolah dan dapat diterapkan dilingkungan masyarakat  dalam  berkomunikasi sehari-hari.
                Sebagai institusi pendidikan, sekolah dinilai merupakan ruang yang tepat untuk melahirkan generasi yang memiliki kecerdasan linguistik (bahasa). Di sanalah jutaan anak bangsa memburu ilmu. Bahasa Indonesia jelas akan menjadi sebuah kebanggaan dan kecintaan apabila anak-anak di sekolah gencar dibina, dilatih, dan dibimbing secara serius dan intensif sejak dini. Bukan menjadikan mereka sebagai ahli atau pakar bahasa, melainkan bagaimana mereka mampu menggunakan bahasa dengan baik dan benar dalam peristiwa tutur sehari-hari, baik dalam ragam lisan maupun tulisan. 
Usaha –usaha yang dapat dilakukan  untuk melaksanakan proses pembinaan bahasa indonesia di lingkungan sekolah :
a.       Guru bahasa indonesia di dalam pengajaran bahasa indonesia guru harus dapat membimbing anak untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Disini guru harus kreatif dalam menampilkan materi-materi  ajarannya,sehingga siswa  berminat untuk mempelajari bahasa indonesia,siswa juga dapat memahami pelajaran bahasa indonesia yang kemudian akan diterapkan dalam berbahasa baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

b.      Pembinaan Bahasa Indonesia dalam pengajaran di sekolah, tidak hanya  dilaksanakan dalam pelajaran bahasa Indonesia saja. Tapi A guru dapat melakukan pembinaan berbahasa Indonesia  disemua mata pelajaran baik dalam kelas maupun di luar kelas. Yang penting apabila siswa berada dilingkungan sekolah semua peserta didik, Pengajar ataupun pegawainya diharuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari situ siswa dan semua warga sekolah terbiasa berbahasa dengan baik
Kalau anak didik  atau siswa telah memahami kaidah berbahasa Indonesia yang baik maka, komunikasi akan lancar dan sekolah sebagai sarana pembinaan bahasa indonesia akan dapat terwujud.
c.       Mewajibkan kepada siswa bahwa di sekolah harus berbahasa indonesia,namun bukan berarti  siswa melupakan bahasa daerahnya.
d.      menciptakan suasana kondusif yang mampu mengajak siswa untuk berbahasa secara baik dan benar. Guru sebagai pihak yang paling akrab dengan siswa di sekolah harus mampu memberikan keteladanan dalam hal penggunaan bahasa, bukannya malah melakukan ”perusakan” bahasa melalui ejaan, kosakata, maupun sintaksis seperti yang selama ini kita saksikan. 


2.2 Media  Pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah
Media yang dapat digunakan dalam pengajaran sebagai pendukung pembinaan bahasa indonesia di sekolah,  diperlukan dalam proses belajar. Agar Guru  dapat lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya. Buku, media massa cetak, media massa audio-visual, tape recorder, CD/DVD, brosur, koran, selebaran, iklan, rekaman wawancara, liputan audiovisual, dan lain-lain merupakan  bahan atau media inovatif  dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Dalam melatih penggunaan bahasa indonesia guru juga dapat menerapkan beberapa hal sebagai berikut :
1.       Pembuatan tugas (makalah, karangan, dsb).
2.       Diskusi.
3.       Mengadakan lomba-lomba yang berkaitan dengan pembinaan bahasa Indonesia seperti,lomba berpidato,drama dll.
Proses pembinaan bahasa indonesia disekolah bukanlah suatu hal yang mudah, namun suatu hal yang harus kita laksanakan dengan sebaik – baiknya. Menjadikan sekolah sebagai sarana pembinaan bahasa, kelak diharapkan generasi bangsa yang lahir dari  sekolah benar-benar akan memiliki kesetiaan, kebanggaan, dan kecintaan yang tinggi terhadap bahasa negerinya sendiri, tidak mudah larut dan tenggelam ke dalam pengaruh budaya (bahasa) global.
Namun peran  Orang tua dan masyarakat juga dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program pembinaan kebahasaan. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswanya disambut oleh keluarga dan masyarakat dengan antusias untuk mengembangkan kemampuan kebahasaan dan kesastraan mereka.  Dan terjadilah kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan pembinaan bahasa indonesia.
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar